Langsung ke konten utama

DOTA 2

TPG _ Review Game

DOTA 2

Klasifikasi Game

  • Genre : MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) , Strategy
  • Tema : Fantasy
  • Rating : No Rating (ESRB)
  • Metacritic Rating : 90
  • Publisher : Valve Corporation
  • Release Date : July 9, 2013

Deskripsi

Dota 2 adalah video game multiplayer online battle arena (MOBA) 2013 yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Valve. Gim ini merupakan sekuel Defense of the Ancients (DotA), yang merupakan mod buatan komunitas untuk Warcraft III: Reign of Chaos dari Blizzard Entertainment. Dota 2 dimainkan dalam pertandingan antara dua tim yang terdiri dari lima pemain, dengan masing-masing tim menempati dan mempertahankan markas mereka sendiri di peta. Masing-masing dari sepuluh pemain secara independen mengontrol karakter kuat yang dikenal sebagai "pahlawan" yang semuanya memiliki kemampuan unik dan gaya permainan yang berbeda. Selama pertandingan, pemain mengumpulkan poin pengalaman dan item untuk pahlawan mereka agar berhasil mengalahkan pahlawan tim lawan dalam pertarungan pemain versus pemain. Sebuah tim menang dengan menjadi yang pertama menghancurkan "Kuno" tim lain, sebuah struktur besar yang terletak di dalam markas mereka.

Story

Cerita dibaliknya pertarungan abadi DOTA 2 :

Sebelum awal segalanya, ada kehadiran: pikiran primordial, tak terbatas, mengagumkan, dan ditetapkan untuk tujuan yang tak dapat dipahami. Saat alam semesta bergemuruh, pikiran ini terpecah-pecah dan berserakan. Dua di antara fragmennya yang lebih besar—yang kemudian dinamai Radiant dan Dire—mendapati diri mereka terkunci dalam oposisi yang kejam, dan mulai memutarbalikkan semua ciptaan untuk melayani konflik mereka.

Saat perang dan bencana alam mengancam kosmos yang baru lahir, kehendak fragmen ketiga membuat dirinya diketahui. Menamakan dirinya Zet, intelek ini berusaha menyelesaikan ketidakharmonisan dan mengembalikan semuanya ke kesatuan yang sempurna. Terkejut dengan sifat konflik kerabatnya, Zet mengumpulkan jumlah kekuatannya. Dalam sekejap, itu membuat saudara-saudaranya kewalahan, dan menggabungkan aspek-aspek yang bertikai menjadi bola bintang sebelum melemparkan mereka ke dalam kegelapan untuk mengorbit dunia yang tidak mencolok. Harmoni dipulihkan, meskipun hanya sebagian kecil dari kekuatan Zet yang tersisa. Menatap penjara, Zet memilih untuk menggunakan kekuatannya yang melemah untuk melayani sebagai sipir yang waspada sampai waktu berakhir. Selama kalpa yang tak terhitung, penjagaan ini berdiri.

Kehidupan berkembang di dunia bawah, tidak menyadari bahaya yang terpenjara di dalam bulan yang bersinar lembut, atau perjuangan Zet untuk menahannya. Saat bentrokan abadi para tawanan bergema di dalam, permukaan penjara bergetar, seiring waktu mulai retak. Pada akhirnya, kekuatan Zet yang terkuras terbukti tidak cukup untuk menahan pelanggaran, dan akhirnya bulan hancur. Penghuni penjara kuno telah melarikan diri untuk menabur konflik mereka lagi.”

Kedua 'fragmen' ini adalah Ancients dalam game, inti dari setiap base tim dan kunci kemenangan (satu-satunya cara untuk menang adalah dengan menghancurkan Ancient tim lain). Kedua fragmen memutar tanah di sekitar mereka untuk mencerminkan sifat mereka, dan mulai melanjutkan perjuangan abadi mereka. Pahlawan dari seluruh dunia merasakan panggilan untuk berperang, dan datang untuk bertarung baik untuk Radiant atau Dire.

Aturan Main

Menang :

  • Menghancurkan ancient Musuh

Kalah :

  • Kehancuran ancient kita

Dire dan ancient akan berusaha untuk menghancurkan ancient lawan. Terdapat 5 heroes di masing-masing team yang bertarung untuk menghancurkan ancient lawan. Setiap hero dapat menjadi lebih kuat dengan mendapatkan “Experience” untuk naik level dan mendapatkan abilities baru atau “Gold” untuk membeli item yang dapat memberi abilities atau status yang membuat hero menjadi lebih kuat dan dapat mendapatkan tujuan utamanya.

Pada awal game setiap hero mulai dari level 1 dan 600 gold. Dengan level 1 dan 600 gold, setiap player dapat memilih 1 abilities dan membeli beberapa item.

  • Terdapat 2 team
    • Dire : 5 Heroes
    • Radiant : 5 Heroes
  • Heroes
    • Basic Attack
    • Abilities Attack
      • Setiap hero memiliki 4 - 6 Abilities slot.
        • Terdapat 3 jenis abilities
          • Aktif : Kemampuan aktif harus digunakan untuk menerapkan efeknya. Kemampuan aktif dapat mengkonsumsi mana, memiliki cooldown, dan biasanya memiliki beberapa metode penargetan yang terkait dengannya.
          • Passive : Kemampuan pasif menerapkan efeknya baik secara permanen segera setelah dipelajari, atau diaktifkan sendiri jika kemampuan dipelajari dan persyaratannya terpenuhi.
          • AutoCast : Kemampuan Autocast adalah kemampuan aktif khusus yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan, atau diaktifkan secara manual
  • Item
    • Item adalah perlengkapan dalam game yang memberikan atribut bonus dan kemampuan khusus kepada pahlawan. Sebagian besar item dapat dibeli dari beberapa toko di peta permainan, sementara yang lain dijatuhkan oleh creep. Item tingkat yang lebih rendah digabungkan menjadi item tingkat yang lebih tinggi, biasanya dengan bantuan resep. Pahlawan memiliki enam slot item dalam inventaris mereka, tiga di ransel mereka, dan enam lagi di simpanan(Stash) mereka. Lebih singkatnya ada 4 kategori item di DOTA 2 :
      • Basic Items
        • Semua item yang dapat dibeli di toko.
      • Upgraded Items
        • Gabungan dari basic item menggunakan ataupun tidak menggunakan recipe.
      • Neutral Items
        • Item netral adalah item yang dijatuhkan oleh creep netral. Mereka tidak dapat dibeli atau dijual di toko, tetapi dapat dibagikan sepenuhnya. Item netral tidak dapat dihancurkan.
      • Roshan Drop
        • Item yang didapatkan setelah membunuh Roshan (Mini-Boss)
  • Hotkeys
    • Basic

      • Pada intinya player menggunakan klik kanan untuk menggerakan hero.
      • Dan menekan A dan mengklik hero lawan atau creep untuk menyerangnya.
    • Advance

Skenario

Salah satu skenario awal dota adalah Laning phase. Seperti digambar dibawah ini pemain dapat memilih satu ability dan dapat menggunakan 600 gold yang diberi di awal game untuk membeli item yang di inginkan. Setelah itu player menggerakan hero ke lane yang telah disepakati team.

Sama seperti kita hero lawan pun akan bergerak menuju lane nya masing-masing. Di skenario ini kita menggunakan hero viper dan lawan invoker. Tujuan disini adalah mendapat last hit agar mendapatkan gold dari membunuh creep. pada intinya menjadi lebih kuat dengan mendapatkan gold sebanyak-banyaknya ataupun exp sebanyak-banyaknya.

Di gambar dibawah ini kita dapat melihat mekanik dari kabut. Ketika tidak ada vision dari team (creep ataupun hero) atau item (ward), maka area yang lebih tinggi akan menjadi gelap dan letak creep atau hero lawan tidak dapat terlihat. Seperti area merah di gambar karena tidak ada hero atau creep di area tinggi maka lawan tidak terlihat.

Alasan Game Terbaik

  1. Dibutuhkan kordinasi antara setiap player di satu team.
  2. Terdapat ranking system yang dapat naik ketika menang dan turun ketika kalah.
  3. Bermacam-macam hero sebanyak 123 yang dapat kita mainkan.
  4. Dinamika pertandingan dari laning stage , mid game dan late game.
  5. Dapat berkomunikasi langsung dengan team menggunakan suara.
  6. Dapat berkomunikasi dengan lawan menggunakan chat.
  7. Bukan berhenti dengan hero saja tetapi setiap heri biasanya memiliki peran masing-masing. Carry, Midlane, Offlane, Roaming support, Hard Support.
  8. DOTA 2 game yang free. Dan bagian berbayar hanya digunakan untuk cosmetik saja.
  9. Bekerja sama untuk menentukan strategi terbaik di setiap update nya.
  10. Memiliki event di setiap season yang ada.

Fun

  • Achiever
    • Terdapat item kosmetik yang didapatkan pada event-event tertentu.
    • Terdapat list tingkatan dari ranking (MMR_Matchmaking Rating).
    • Terdapat audio tersendiri ketika membunuh berturut-turut tanpa mati.
    • Mendapatkan item dengan kecepatan tinggi
  • Explorer
    • Terdapat 123 Hero yang bisa dipelajari kemampuan dan karakteristik masing-masing hero.
    • Mencoba role baru dalam game dota (Support,Carry,Mid,Off,etc).
    • Terdapat sistem kabut yang membuat player tidak dapat melihat semua map tanpa ada vision dari anggota team atau item(ward).
    • Terdapat banyak strategi(meta) yang dapat digunakan di setiap game nya.
  • Socializer
    • Menunjukan item langkah yang dimiliki ke komunitas ataupun anggota team.
    • Menunjukan tingkat MMR kepada teman-teman / komunitas.
    • Terdapat sistem voice chat agar dapat berkomunikasi sesama team.
    • Bermain bersama teman di dalam game.
    • Dapat menggunakan sistem ping yang memberi informasi ke teman satu team
    • Ada minibos yang dapat dibunuh bersama team untuk mendapatkan item
  • Killer
    • Membunuh hero lawan.
    • Mengejek lawan menggunakan fitur chat.
    • Melakukan comeback setelah “kalah” dalam fase awal game.
    • Menghancurkan ancient lawan
    • Menghancurkan tower lawan
    • Membunuh setiap kurir yang dimiliki hero lawan
    • Dapat chat ke team musuh.
  • Not Fun
    • Menang setelah mendapatkan loss streak.
    • Terdapat mode arcade ketika sudah loss streak terlalu banyak.
Review by : Muhammad Satryo Pamungkas Bimasakti / 05111840000070

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portofolio Aplikasi

Maddi Website Website ini menggunakan framework django, tailwind dan bootstrap. Memiliki fitur seperti login, register, keranjang belanja, dan fitur-fitur lainya. tetapi website ini belum di deploy jadi untuk membukanya masih menggunakan localhost. Dan pada saat pernah membuat aplikasi POS simple menggunakan program java.  

Structured Programming VS Object Based Programming || TASK 1

Structured Programming Object-oriented programming Break down programs in functions and data Combine functions and data in classes or objects It has the characteristics of Sequence, Selection and Repetition It has the characteristics of Encapsulation (packaging), Inheritance (inheritance) and Polymorphism (differences in shape and behavior) The program structure is complicated because it is a sequence of processes and functions The program structure is concise, enough to create objects and classes and then work based on these objects and classes. Lacking program reusing The program code is very reusable. object and class can be used many times, so as to save memory space. Effectively used to solve small problems and not suitable for solving complex problems, because later it will be difficult to find solutions to problems when an error occurs Effectively used to solve large problems, because OOP consists of classes that separate each program